Penemu Tenis Lapangan Dan Semua Hal Tentang Tenis

Permainan bola tenis lapangan bagi masyarakat kita mungkin tidak terlalu terkenal jika dibandingkan dengan permainan tenis meja. Walaupun begitu, faktanya tenis lapangan adalah salah satu cabang olahraga yang sudah usang dan juga telah banyak dikompetisikan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas hal-hal mengenai seputar olahraga tenis lapangan tersebut. Lebih tepatnya kita akan membahas pengertian tenis lapangan, sejarah tenis lapangan sekaligus juga penemu dari tenis lapangan tersebut.

Penemu Tenis Lapangan Dan Semua Hal Tentang Tenis

Pengertian dari permainan tenis lapangan adalah sebuah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua orang atau bisa juga dimainkan dengan dua pasang yang saling berlawanan. Permainan ini dimainkan dengan menggunakan raket atau bet untuk memukul bola karet berwarna hijau. Permainan ini juga bertujuan memainkan bola karet tersebut sedemikian rupa, agar nantinya pemain lawan tidak sanggup mengembalikan bola tersebut kepada lawan. Saat ini permainan tenis lapangan termasuk ke dalam cabang olahraga yang dimainkan di dalam olimpiade. Banyak orang yang ada dari segala usia memainkan olahraga yang satu ini. Olahraga ini menjadi olahraga yang sangat digemari para penggemar link sbobet alasanya adalah olahraga tersebut sanggup dimainkan oleh siapa saja.

Sejarah Tenis Lapangan

Sejarah dari permainan tenis lapangan sampai kini masih menjadi sebuah perdebatan. Beberapa pendapat meyakini jika cikal bakal dari permainan tenis adalah sebuah permainan yang dimainkan di daerah Mesir, Yunani dan Romawi Kuno. Belum pernah ditemukan memang bukti besar dengan lengan permainan tersebut seperti gambar ataupun pernyataan yang berkaitan langsung dengan cikal bakal permainan tersebut. Akan tetapi dalam beberapa kata bahasa Arab, yang asalnya dari Mesir Kuno dianggap sebagai sebuah bukti tentang sejarah permainan ini.

Teori tersebut menyampaikan tentang kata Tinnis, suatu kota yang ada pada masa Mesir Kuno. Kota ini berlokasi di tepian sungai nill. Sedangkan untuk kata “raket” sendiri dianggap berasal dari kata dan juga bahasa Arab yang artinya adalah “Rahat” yang berarti sebuah tangan. Sementara itu teori lain juga meyakini bahwa sejarah tenis lapangan berasal dari sebuah permainan kuno dari Prancis di era ke 12. Sementara teori lainnya meyakini bahwa sejarah tenis lapangan ini berasal dari sebuah permainan kuno yang ada di Perancis pada era ke 12.

Saat itu permainan tenis adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan telapak tangan untuk memukul bola. Dikatakan pada saat itu Raja Louis X dari Perancis menyukai sebuah permainan yang kemudian menjadi cikal bakal dari permainan tenis lapangan ini. Raja Louis X kemudian tercatat menjadi orang pertama yang telah membangun lapangan tenis, lapangan tersebut dibangun di dalam sebuah ruangan.

Kematian dari raja Raja Louis X pun kemudian mempengaruhi permainan tenis. Disebutkan bahwa sesudah Raja Louis X bermain tenis, ia kemudian beristirahat sambil minum anggur, saat itu ia meminumnya dalam jumlah besar. Hal itu mengakibatkan ia menderita radang paru-paru dan tak lama kemudian meninggal dunia. Meskipun begitu, ada orang yang beranggapan bahwa ia saat itu diracun. Kematian Raja Louis sesudah bermain tenis tersebut kemudian mengakibatkan ia dikenal sebagai pemain tenis yang pertama di dunia. Begitulah sejarah tenis di lapangan berdasarkan dengan beberapa teori yang ada.

Penemu Tenis Lapangan

Penemu tenis lapangan yang ada pada zaman kuno belum dapat diklasifikasi secara spesifik. Tetapi penemu tenis lapangan sanggup ditelusuri dari beberapa sejarah dari permainan tenis lapangan modern. Seperti Arthur Balfour seorang aristokrat yang berasal dari Inggris, dirinya dikenal sebagai penemu tenis lapangan yang juga mengemukakan istilah Lawn Tennis atau sebuah tenis lapangan. Istilah ini mulai muncul yaitu pada era ke 19. Pada masa ini juga sudah mulai dikenal bola yang terbuat dari karet Vulkanisir yang pada saat itu dianggap sanggup mengurangi kerusakan pada sebuah lapangan tenis dan rumput.

Sejak ditemukannya Lawn Tennis, banyak juga berbagai eksperimen pada materi lapangan tenis. Orang mulai memakai lapangan dari clay court atau tanah liat dan juga hard court yang terbuat menggunakan semen. Klub tenis lapangan yang pada saat itu pertama kali didirikan oleh J.B Perera, Harry Gem dan juga kawan-kawan di Perancis pada tahun 1872. Klub tenis lapangan ini kemudian dinamai Leamington. Kemudian di tahun 1874 tenis lapangan juga sudah mulai dimainkan di Amerika Serikat.

Peralatan dan Perlengkapan

Peralatan dan perlengkapan yang ada pada olahraga tenis lapangan yaitu raket, bola tenis, dan juga net. Raket tenis memiliki panjang maksimal yaitu 73,66 cm atau (29 inchi) dan memiliki lebar maksimal 31,75 cm atau (12,5 inchi). Untuk memukul bola tersebut, raket terbuat dari senar dan juga permukaan raket harus rata. Bola tenis lapangan biasanya terbuat dari cekungan karet yang kemudian dilapisi oleh bulu optik berwarna kuning atau hijau. Bola tenis memiliki diameter 6,541 cm 6,858 cm dan beratnya sekitar 56-59,4 gram.

Net lapangan diletakkan sendiri biasanya di tengah lapangan hingga membagi lapangan kedalam dua bagian. Posisi net biasanya tidak lurus 180 derajat karena pada tengah net tingginya nya akan lebih pendek, yaitu sekitar 0,914 meter, dan tinggi net sendiri sekitar 1,07 meter dari permukaan tanah, kemudian akan dikaitkan dengan besi maupun kayu di samping kiri dan juga kanan lapangan. Pada bagian tengah net, ada sebuah tali untuk dapat memastikan agar bagian tengah net tetap rendah dibandingkan dengan bagian pinggirnya.

Ukuran dan gambar lapangan

Untuk olahraga tenis lapangan, ada empat jenis lapangan yang dapat digunakan, yaitu lapangan keras yang biasanya terbuat dari semen, lapangan rumput, lapangan batu halus atau (gravel), dan juga jenis lapangan tanah liat (day). Ukuran lapangan juga memiliki panjang sekitar 23,78 meter dan juga memiliki lebar 8,23 meter. Untuk permainan ganda, biasanya akan ditambah dengan alley di kedua sisinya yang berukuran 1,37 meter. Lapangan tersebut dibelah menjadi dua bagian yang dipisahkan dengan net.

Tebal garis lapangan harus 2 inci atau kurang lebih 25,4 mm 50,8 mm, kecuali untuk garis baseline atau (garis belakang) yang harus memiliki lebar yaitu sekitar 10 cm. Pada baseline, terdapat juga sebuah center mark atau sebuah titik yang membagi dua garis baseline dengan sama panjang di antara sisi kiri dan sisi kanan. Di depan lapangan, ada dua kotak kecil yang letaknya berada di dekat net dengan panjang sisi yaitu 6,4 meter. Kotak tersebut berfungsi untuk sebuah area pantul servis yang ada pada permulaan permainan dan juga ada pada setiap poin.

Demikian itulah penjelasan tentang penemuan tenis lapangan, dan berbagai hal lainnya tentang permainan tersebut. Semoga artikel ini dapat berguna untuk anda yang memang sedang mempelajari permainan tenis lapangan. Permainan tenis lapangan adalah sebuah permainan yang sudah ada sejak lama, permainan ini juga terus berkembang hingga sekarang ini.