JENIS-JENIS TURNAMEN TENNIS (MEN’S)

Ada begitu banyak sekali Turnamen Tenis mulai dari ITF Circuit Futures sampai dengan Grand Slam. Lalu apa bedanya dengan beberapa turnamen tersebut ? Jika seorang petenis pemula ingin melawan seorang petenis nomor satu dunia saat ini, Andy Murray atau petenis paling tersohor saat ini yaitu Roger Federer, maka ada jalan yang cukup berliku yang nantinya harus ditempuh.

JENIS-JENIS TURNAMEN TENNIS (MEN’S)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah petenis tersebut nantinya harus mulai mendapatkan ATP Ranking Point. Serta mereka harus melalui perjalan yang berliku yang nantinya harus ditempuh itu. Pintu masuk pertama untuk mendapatkan sebuah poin untuk dapat mengikuti sebuah turnamen kasta terendahnya, yaitu turnamen ITF Circuit Futures. Untuk anda para penggemar Tennis, istilah ATP Ranking ini sendiri pasti sudah sangat familiar di telinga anda. Tapi apakah sebenarnya ATP Ranking itu? Dan bagaimanakah cara penghitungannya ?

Apa itu ATP Ranking?

Association of Tennis Professionals (ATP) adalah sebuah asosiasi yang beranggotakan seluruh petenis profesional yang ada di seluruh dunia. ATP dan juga ITF (International Tennis Federation) adalah dua buah institusi internasional yang nantinya dapat bertanggung-jawab terhadap sebuah pelaksanaan ajang turnamen tenis bergengsi yang ada di dunia tersebut. Kedua institusi ini nantinya dapat menyusun struktur turnamen tenis yang berjenjang sesuai dengan hadiah uang yang nantinya akan diperebutkan dari US$15.000 hingga hadiah puluhan juta US dollar. Berikut ini adalah jenis-jenis turnamen yang ada di dalam permainan Tenis.

ITF Circuit Futures

Turnamen Futures memberikan sebuah kesempatan pemain-pemain yang nantinya belum memiliki sebuah ranking untuk mengikuti sebuah turnamen dan nantinya mulai mengumpulkan ATP Ranking Points. Turnamen ini juga memiliki sebuah jadwal yang cukup fleksibel, sehingga nantinya akan memudahkan penyelenggaraannya oleh asosiasi tenis nasional yang akan dimainkan di sebuah negara. Turnamen futures adalah sebuah turnamen dibawah pengelolaan ITF dan berhadiah US$15.000 atau juga US$25.000.

Memainkan baik single maupun juga double dan nantinya hanya diselenggarakan dalam waktu 1 pekan saja. Pemenang Turnamen Futures US$15.000 nantinya akan berhak mendapatkan 18 poin, dan pemenang Turnamen Futures US$25.000 nantinya akan berhak mendapatkan 27 poin. Sedangkan pemenang Turnamen Futures US$25.000+H (+ Hospitality) nantinya akan berhak mendapatkan 35 poin. Ada lebih dari 600 turnamen futures merupakan turnamen yang di lakukan di lebih 60 negara setiap tahunnya.

ATP Challenger Tour

ATP Challenger Tour adalah sebuah seri turnamen yang dikelola oleh ATP. Dalam turnamen ini ada 90 lebih turnamen yang masuk dalam kategori ATP Challenger Tour yang ada di seluruh dunia dengan hadiah bervariasi, yaitu antara US$43.000 sampai dengan US$150.000. Dan poin yang diperoleh jika memenangkan turnamen di kategori ini sangat bervariasi dari 80 poin sampai dengan 125 poin sesuai dengan jumlah hadiah dan juga sesuai dengan hospitality. Untuk mengikuti beberapa turnamen yang ada di dalam kategori ini, pemain nantinya harus sudah memiliki ATP ranking atau melalui Wild Card dan selain itu, harus terdaftar sebagai anggota dari ATP.

ATP World Tour 250

Sesuai dengan namanya, ATP World Tour 250 adalah sebuah seri turnamen dalam permainan tenis yang dikelola oleh ATP dengan perolehan poin bagi pemenangnya yaitu sebesar 250 poin. Ada 40 turnamen ATP World Tour 250 yang nantinya akan diselenggarakan di seluruh dunia tiap tahunnya. Turnamen ini sendiri berhadiah uang dengan variasi antara US$495.000 sampai dengan US$1.300.000.

ATP World Tour 500

ATP World Tour 500 merupakan seri turnamen yang dikelola oleh ATP dengan perolehan poin bagi pemenangnya yaitu sebesar 500 poin. Ada 13 turnamen dengan kategori tersebut yang diselenggarakan di seluruh dunia setiap tahunnya. Turnamen yang satu ini berhadiah dengan variasi dari US$1.600.000 hingga dengan US$4.200.000.

ATP World Tour Masters 1000

ATP World Tour 1000 adalah sebuah seri turnamen yang dikelola oleh dengan perolehan poin bagi pemenangnya yaitu sebesar 1000 poin. Ada 9 turnamen dengan kategori ini yang juga diselenggarakan di seluruh dunia pada setiap tahun. Hadiah yang diperebutkan pun sangat bervariasi yaitu antara US$4.600.000 sampai dengan US$8.000.000.

ATP World Tour Finals

ATP World Tour Finals adalah penutup dari rangkaian ATP World Tour. Turnamen yang satu ini biasanya akan diselenggarakan sekali dalam setahun, turnamen tersebut biasanya akan di lakukan di bulan November di London. Diikuti oleh pemain dengan ATP ranking 8 pertama baik single maupun juga double. Pemenang turnamen ini nantinya akan dapat memperoleh poin 1500 poin, terbanyak kedua setelah turnamen Grand Slam dan juga dapat berhadiah uang senilai US$8.000.000.

Grand Slam

Grand Slam adalah sebutan untuk 4 turnamen yang paling prestisius di dunia; Wimbledon, US Open, French Open dan juga Australia Open. Hal ini tidak hanya karena hadiahnya yang cukup besar, ataupun juga berbagai poin yang diperoleh di dalam hadiah tersebut, tapi lebih kepada nilai sejarah yang ada di dalamnya. Keempat turnamen ini merupakan sebuah turnamen bersejarah. Turnamen ini diadakan oleh panitia setempat yang nantinya bekerja sama dengan ITF.

Dalam setahun, masing-masing grand slam hanya akan diadakan sekali dan Australia Open adalah sebuah turnamen pembukanya yang diadakan di bulan Januari di Melbourne, Australia. Selanjutnya diadakan pada bulan Mei, rangkaian Grand Slam berlanjut menuju Perancis dengan turnamen Roland Garros atau dikenal dengan French Open.

Di bulan juli, Grand Slam nantinya akan diadakan di London dengan turnamen Wimbledon. Dan sebagai penutup rangkaian Grand Slam adalah US Open yang nantinya akan diadakan di New York, Amerika Serikat. Turnamen Grand Slam ini berhadiah lebih dari US$22.000.000. Selain itu, pemenangnya juga akan mendapat 2000 poin.

Rentang waktu point yang diakumulasikan

Setiap pemain nantinya akan dihitung perolehan poin-nya dan kemudian akan diakumulasikan. Point yang layak masuk dalam penghitungan adalah point-point yang memang diperoleh selama 52 pekan ke belakang dan juga terhitung dari waktu penghitungan Ranking tersebut. Artinya, setiap poin yang nantinya akan diperoleh memiliki sebuah tanggal kadaluarsa atau Drop Date setelah 52 pekan. Hanya point yang nantinya belum kadaluarsa saja yang akan dihitung.

Turnamen Lainnya

Dan itulah dimana jenis-jenis turnamen berdasarkan dengan kasta yang dilihat baik dari jumlah hadiahnya, maupun juga perolehan poinnya. Tentu saja, masih ada banyak turnamen lain baik yang dapat menghasilkan ATP poin seperti halnya Davis Cup yang merupakan sebuah turnamen antar negara yang diadakan oleh ITF.

Demikian itulah beberapa jenis turnamen yang ada di dalam permainan Tenis. Para pemain yang nantinya akan berlaga di salah satu ajang bergengsi umumnya harus memiliki sejumlah point untuk menghadapi para pemain tenis profesional lainnya. Semoga informasi ini berguna dan membantu anda. Terimakasih.