Fakta Unik Seputar Olahraga Tenis Meja

Tenis meja yang dimana merupakan salah satu dari olahraga dengan menggunakan bola kecil yang juga cukup populer dan banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Olahraga ini yang dimana menjadi salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan, sebab tidak memerlukan sebuah tempat yang luas. Biasanya olahraga ini, dapat dilakukan di dalam ataupun juga di luar ruangan yang ukurannya tidak terlalu luas. Di Indonesia, sendiri dimana permainan atau olahraga tenis meja sebenarnya adalah salah satu dari olahraga yang cukup populer dan dimainkan untuk mengisi waktu luang.

Fakta Unik Seputar Olahraga Tenis Meja

Dimainkan biasanya oleh dua orang, tenis meja yang dimana sebuah permainan sbobet88 yang tak butuh lapangan yang luas sebagai salah satu tempat bermainnya. Makanya, untuk di Indonesia sendiri, khususnya di kota besar seperti halnya di kota Jakarta yang minim dengan area bermain, olahraga ini yang dimana menjadi salah satu olahraga yang cukup populer. Olahraga ini juga menjadi salah satu olahraga yang dimainkan secara kompetitif, seperti halnya di turnamen olahraga internasional.

Di Indonesia sendiri dimana permainan ini dikenal sebagai salah satu permainan yang mempunyai sebuah sejarah yang juga cukup panjang. Tenis sendiri sempat dianggap sebagai salah satu olahraga kelas atas di Indonesia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, dimana olahraga tenis yang menjadi salah satu olahraga yang cukup sering ada di dalam pertandingan internasional. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa fakta menarik yang ada di dalam permainan Tenis meja. 

Dikenal sejak zaman penjajahan

Tenis Meja dimana memang mempunyai sebuah sejarah panjang di Indonesia. Dimana berawal dari Inggris, olahraga ini yang dimana pada dahulu, adalah sebuah olahraga yang dimainkan dengan sebuah peralatan sederhana oleh para bangsawan. Biasanya olahraga ini adalah sebuah olahraga yang dimainkan setelah makan malam. Cara memainkannya, dimana mereka akan menyusun buku-buku di atas meja sebagai sebuah net, sedangkan bolanya sendiri menggunakan sebuah gabus tutup botol.

Pemukul Nya pun sederhana, hanya menggunakan sebuah tutup kotak cerutu. Namun, dimana seiring dengan perkembangannya, akhirnya olahraga ini pun menjadi sebuah olahraga yang bisa dikenal di seluruh penjuru dunia dan menjadi salah satu dari cabang olahraga yang juga dilombakan di dalam turnamen olahraga internasional. Di Indonesia sendiri, dimana olahraga tenis meja yang mulai dikenal yaitu sejak zaman penjajahan Belanda yang ada pada 1930.

Orang-orang Belanda yang dimana biasanya akan berkumpul di balai pertemuan dimana menjadikan tenis meja sebagai sebuah sarana rekreasi yang disebut dengan Societeit. Saat itu pun dimana hanya bangsawan Belanda dan juga hanya yang ada di kalangan tertentu pribumi saja yang dapat memainkan permainan ini.

Permainan Kelas Atas

Olahraga yang satu ini dimana menjadi salah satu olahraga yang dibuat di Inggris yaitu sekitar abad ke-19. Waktu itu dimana permainan tenis meja hanya sebuah permainan yang dimainkan oleh para masyarakat kelas atas sebagai permainan yang dimainkan di dalam ruangan (indoor). Permainan Tenis meja yang dimana menjadi sebuah permainan yang di kembangkan oleh tentara Inggris di India atau juga yang ada di Afrika Selatan. Dimana kemudian mereka membawa olahraga ini kembali ke Inggris. Dan kemudian olahrga ini pun di kembangkan dan menjadi sebuah olahraga yang kita kenal seperti sekarang ini. 

Dulunya Menggunakan Benda-benda Sederhana

Dimana dahulu permainan tenis meja adalah salah satu permainan yang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar mereka. Misalnya saja, permainan ini yang dahulu yang dimainkan dengan menggunakan meja biasa, kemudian di tengah meja mereka menggunakan susunan buku yang berderet-deret untuk digunakan sebagai sebuah net. Selain itu, dimana sebagai bola, mereka yang memakai sebuah gabus dengan tutup botol dan juga untuk memukul mereka akan memakai sebuah tutup kotak cerutu. Sangat sederhana bukan ?

Nama Ping Pong Menjadi Merek Dagang

Tenis meja yang dimana menjadi salah satu olahraga yang sering juga disebut dengan ping pong, nama ini yang dimana juga cukup banyak dikenal masyarakat. Hampir semua negara yang dimana dulunya menggunakan nama ping pong, untuk permainan tenis meja. Namun, dimana pada tahun 1901, ping pong yang kemudian dijadikan sebuah merek dagang yaitu oleh sebuah perusahaan yang ada di Inggris bernama J. Jaques & Son Ltd.

Kemudian setelah itu, perusahaan lain pun yang kemudian harus mencari sebuah nama lain, yaitu menggunakan sebuah nama dari tenis meja untuk sebutan dari olahraga ini. Lalu di tahun 1920-an yaitu tepatnya di Amerika Serikat, Jacques  yang dimana kemudian menjual hak nama ping pong kepada Parker Brothers. Kemudian merek dagang ping pong sendiri pun yang kemudian beralih ke Parker Brothers. Namun, dimana di beberapa masyarakat sekarang ini masih menyebut olahraga Tenis meja sebagai olahraga pingpong.

Tanda Bintang pada Bola

Jika diperhatikan, pada bola yang digunakan dalam permainan tenis meja, biasanya terdapat sebuah tanda bintang. Ada yang bertanda bintang yang satu sampai dengan yang bertanda bintang tiga. Bola dengan tanda bintang tiga yang dimana menunjukkan sebuah kualitas tertinggi dari semua jenis bola tenis meja yang ada. Bola dengan kualitas tertinggi ini pun, yang dimana hanya akan digunakan di dalam sebuah turnamen-turnamen resmi, seperti perlombaan internasional.

Tenis Meja Masuk ke Indonesia

Sekitar tahun 1930-an, tenis meja yang dimana masuk ke Indonesia. Kemudian pada tahun 1939, tokoh-tokoh petenis meja yang ada di Indonesia yang kemudian mulai mendirikan sebuah organisasi yaitu PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia). Adanya kongres tersebut dimana diadakan dan juga di buat di Surakarta yaitu pada tahun 1958, maka kemudian nama PPPSI yang berubah menjadi PTMSI atau (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia).

Sempat Berjaya di Kancah Internasional

Melihat sebuah keseriusan Indonesia yang ada di dalam olahraga tenis meja, tak heran jika di tahun 1970-an ada banyak sekali nama yang cukup diperhitungkan dalam berbagai hal pertandingan. Indonesia yang dimana pada saat itu punya Sugeng Utomo, yang merupakan pemain dengan tipe bertahan yang pernah dalam pemain yang masuk ke peringkat 16 dunia. Selain itu, Beatrix Pieters yang dimana juga mencatatkan namanya di  dalam tim putri. Lanjut di tahun 1980-an, dimana ada pemain dengan nama Anton Suseno, yang kemudian menjadi seorang pemain yang setipe dengan Sugeng dan menjadi atlet profesional setelah dirinya sukses di dalam liga tenis meja yang diselenggarakan di Swedia.

Itulah beberapa fakta menarik tentang olahraga tenis meja, dimana olahraga tenis meja sendiri adalah permainan yang sudah ada sejak lama dan berkembang menjadi permainan yang banyak dimainkan oleh orang-orang yang ada di Indonesia. Walaupun permainan ini lebih di kenal dengan nama ping pong, namun permainan ini juga menjadi sebuah permainan yang dapat dimainkan oleh seluruh usia.